Single Post

Pentingnya Mengenal Makharijul Huruf

media

PATI - Pondok Pesantren Tahfidh Al Hamidiyah menyelenggaran kegiatan rutinan berupa pengenalan makharijul huruf. Kegitan ini telah dilaksanakan pada pekan ini, Kamis (29/09).  Dalam membaca Al-Qur’an, hal yang perlu diperhatikan selain hukum bacaan adalah makharijul huruf.  Makharijul huruf adalah tempat keluarnya huruf ketika huruf-huruf tersebut dibunyikan pada saat membaca Al-Qur’an.


media

Bimbingan ini dilakukan secara klasikal di Musala Ponpes Tahfidh Al Hamidiyah.  Selanjutnya, secara individu yang dibimbing oleh ustadzah guna memperdalam tentang penguasaan makharijul huruf tersebut. Memahami makharijul huruf artinya memahami bagaimana suatu bunyi dari huruf-huruf hijaiyah yang terbentuk. Oleh karena itu, memahami makhorijul huruf artinya apa, kita juga perlu mengetahui organ-organ wicara yang menjadi tempat keluarnya bunyi huruf hijaiyah.


media

“Makharijul huruf dibagi menjadi 5 bagian, yaitu Asy-Syafatain (kedua bibir), Al-Jauf (rongga mulut), Al-Halq (rongga tenggorokan), Al-Lisan (lidah), dan Al-Khaisyum (pangkal hidung),” ujar  ustadzah Shofiatun, A.H., salah satu pembimbing dalam kegiatan tersebut.